Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi jenjang Ahli di Sumatera Barat: Membangun Keahlian untuk Masa Depan

Dalam upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja konstruksi di Sumatera Barat, Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan Asosiasi Terakreditasi menggelar kegiatan pelatihan dan sertifikasi. LSP Pertakonas dan Asosiasi DPD Pertahkindo Sumbar menjadi bagian dari kegiatan ini. Acara ini diselenggarakan di Trumtum Hotel Padang pada tanggal 19-23 Februari 2024.

Kegiatan Pelatihan dibagi menjadi lima kelas bidang keahlian Jasa Konstruksi, yaitu Kelas Jalan Jembatan, Kelas Sumber Daya Air, Kelas Gedung, Kelas K3 Konstruksi Muda dan Kelas K3 Konstruksi Madya. DPD Pertahkindo Sumbar berkontribusi dan bertanggung jawab dalam pengiriman Narasumber untuk Kelas Jalan Jembatan dan Kelas Sumber Daya Air.

Di Kelas Jalan-Jembatan: Narasumber berasal dari Pertahkindo, IAI dan Dinas SDABK, Bapak Yossyafra, P.Hd, dan Dr.Eng. Khadavi merupakan Narasumber dari Pertahkindo. Kelas ini menawarkan wawasan mendalam tentang teknik dan prinsip dalam perencanaan dan membangun infrastruktur jalan dan jembatan.

Di Kelas Sumber Daya Air (SDA): Narasumber berasal dari Pertahkindo, HATTI dan Dinas SDABK, Bapak Albert Anwar, ST.IPM dan Bapak Zulheldi, MT merupakan Narasumber dari Pertahkindo . Kelas ini membahas perencanaan dan strategi dan praktik terbaik dalam manajemen sumber daya air. Sedangkan Kelas Gedung dan K3 Konstruksi Bersama dengan asosiasi IAI dan PAKKI.

Pelaksanaan Sertifikasi dilakukan pada hari terakhir, Jum’at 23 Februari 2024, Dimana LSP Pertakonas menugaskan 12 Asesornya untuk mengasesment Asesi untuk 5 skema keahlian. Jumlah peserta dari Pertahkindo termasuk jumlah yang berkontribusi besar pada kegiatan pelatihan dan sertifikasi kali ini. Jumlah Peserta kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi adalah Total 110 orang, yang terdiri dari banyak skema dan jenjang ahli. Peserta dari Pertahkindo sendiri terdiri dari 5 skema yaitu: jalan, Jembatan, Gedung, SDA dan Geoteknik, dengan jenjang ahli 7, 8 dan 9. Banyaknya peserta kegiatan menandakan antusiasme dan kesadaran akan pentingnya pengembangan keterampilan dalam industri konstruksi. Biaya sertifikasi bagi calon peserta yang belum pernah memiliki SKK ahli, disubsidi oleh Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi Prov.Sumbar. Dengan dukungan dari narasumber dan Asesor berkualitas dan fasilitas yang nyaman di Trumtum Hotel, diharapkan para peserta dapat meningkatkan kompetensi mereka dan berkontribusi pada kemajuan industri konstruksi di Sumatera Barat. *Mediana

Berita Lainnya

Kunjungan Strategis: PERTAHKINDO, LSP PERTAKONAS, dan INKINDO Jawa Barat Dorong Peningkatan Sertifikasi di Industri Konstruksi

0
Pada hari Senin tanggal 22 Januari 2024, Dewan Pengurus Pusat PERTAHKINDO dan LSP PERTAKONAS melakukan...

LSP Pertakonas Dukung Acara Simposium Konstruksi Nasional dan Musyarawah Nasional II yang diadakan oleh PERTAHKINDO

0
Suatu momentum bersejarah terjadi di Hotel Ciputra Jakarta pada tanggal 12 Desember 2023, di mana...

Uji Coba Pendataan Asesor Aplikasi SIM Kompetensi untuk Pengembangan Sistem Pendataan Asesor

0
Jakarta, 19 Oktober 2023 - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bersama dengan berbagai Lembaga...

Kerjasama Strategis antara DPP PERTAHKINDO dan Fakultas Teknik Universitas Papua untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia

0
Jakarta - Dewan Pengurus Pusat Perkumpulan Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (DPP PERTAHKINDO) dan Fakultas Teknik...

Forum Pengembangan PKB, E-SIMPAN, dan Penilai Ahli Kegagalan Bangunan di Universitas Syiah Kuala

0
Banda Aceh, 19 September 2023 - Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala menjadi tuan rumah untuk...